Tentang sebuah perjalanan…

Lirik lagu PODA – Viky Sianipar ft Edo Kondologit

Hmmm…  Demi memuaskan keinginan juragan kita “Mamat Sede*k, pagi2 buta ngepost lirik lagu “Poda”. :D (*apa sih yg ga buat lo bang!!* Hueksssss)

Sesuai permintaan mu bang Mat, ini lirik sekaligus terjemahan lagu “Poda” …

Untukmu bang Mat dan “Mamat-Mamat” yang lain… :)

” Hangur do goar mi anakkon hu,
=> Begitu harum namamu anakku…
Songon bunga – bunga i nahussusi,
=> seperti bunga bunga yg harum semerbak
Molo marparange na denggan doho,
=> Jika kamu berperilaku baik
Diluat nadao i,
=> diperantauan
Jala ikkon ingot doho,
=> dan kamu harus selalau ingat
Tangiang i do parhite-hitean mi,
=> Doa lah jalan hidupmu
Dingolumi di tondikku,
=> dalam kehidupanmu oh nyawaku…

Unang sai mian jat ni rohai,
=> jangan lah engkau memelihara kejahatan
Dibagasan roha i,
=> di dalam hatimu
Ai ido mulani sikka mabarbar,
=> itulah awal dari malapetaka
Da hasian,
=> sayang ku
Ikkon benget ma ho marroha,
=> kamu harus ‘pandai’ memelihara hatimu
Jala pattun maradophon natua tua,
=> dan selalau sopan terhadap orang tua
Ai ido arta na ummarga i…
=> itulah harta yang paling berharga
Dingolumi..
=> dalam hidupmu

Reff:
Ai damang do sijunjung baringin,
=> kamu lah anakku pembawa harapan
Di au amang mon…
=> bagiku Ayah mu ini
Jala ho do silehon dalan,
=> dan kamulah pemberi jalan
Dianggi ibotomi,
=> untuk adek2 mu
Ipe ingot maho amang,
=> Ingatlah selalu nak
Di akka podakki,
=> semua nasehat ini..
Asa taruli ho diluat sihadaoani,
=> agar kiranya kamu menjadi mulia diperantauan sana

Molo dung sahat ho tu tano parjalangan mi,
=> kalau kamu sudah sampai di perantauanmu
Marbarita ho amang,
=>ingatlah memberi kabar
Asa tung pos rohani damang nang dainang mon,
=> agar tenang hati kami bapak-ibu mu ini..
Ditano hatubuan mi,
=> ditanah kelahiranmu ini..”


NB: Mohon maaf bila ada kesalahan dalam mengartikan ke bahasa Indonesia. Mohon kritik dan saran untuk penyempurnaan arti dalam bahasa Indonesia. :)

About these ads

43 responses

  1. Horas Ito,

    Mauliate godang da bah… Jadi teringat aku sama Ayah Ibuku…

    Ditunggu lagi sharing session selanjutnya seputar batak yah..

    Salam,
    Situmeang

    November 21, 2010 at 03:34

    • Horas jg Ito,

      Sama-sama Ito..

      Baiklah to.. :) salam kenal ..

      November 21, 2010 at 03:42

    • horas lae

      February 26, 2012 at 18:13

      • salam kenal lae

        February 26, 2012 at 18:13

  2. Kalau pas di kapal motor penyeberangan Ajibata-Tomok, udah begini liriknya:

    Molo dung sahat ho tu tano parjalangan mi, mar-SMS ho amang

    *kisah nyata*

    November 24, 2010 at 05:25

  3. afni haloho

    aq sukak banget ma niy lagu..
    suara edo keren bgt…gilak..!

    March 28, 2011 at 23:17

    • @afni: setuju!! seperti orang batak pelafalannya om edo :D
      Salam kenal.. :)

      March 31, 2011 at 01:30

  4. naomi

    duh,,,,aq senang bgt dgr neh lagu. palagi versi vicky. mau mpe nangis…. :)

    May 30, 2011 at 16:29

  5. naomi juntak_tarutung

    jadi teringat sama inong dan among yg dikampung……….

    May 30, 2011 at 16:30

  6. naomi juntak_tarutung

    ka melva,,,,edo kondologit bukan suku batak kan?? ^_^

    May 30, 2011 at 16:34

    • @naomi: haloooo… maaf baru respon :). Edo kondologit bukan org batak, tp lafalnya nyanyi lagu batak sehera halak hita do kan?? salam kenal say.. ehm.. tante awak comment di sini bah :D

      June 10, 2011 at 10:18

  7. tommy

    horas,ini lagu diciptakan dlu atas permintaan ompung ku buat tulang ku, setiap ak denger dan nyanyiin lagu ini selalu teringat ompung ku, dan teringat kedua orang tua ku,jangan jadikan lagu ini hanya enak di dengar, tapi jadikan juga pengingat disaat perantauan..

    miss u ompung M. panggabean

    July 13, 2011 at 17:48

    • @ito Tommy: horas juga ito.. Terima kasih ito, lagunya indah sekaliii.. setiap dengar lagu ini jadi ingat sude pangalahon iba tu akka natua-tua i. Salam kenal to..

      July 19, 2011 at 19:48

  8. horas,.,.,.,.,.,
    hu begei lagu on
    itor taringat au
    tu oma dohot bapa
    dan danau toba

    August 12, 2011 at 11:01

    • @ito Munthe : horas ito.. Senang rasanya kalau memang bermanfaat da bah. salam kenal to

      August 20, 2011 at 20:21

  9. Martha br Regar

    mom n dad i miss u so much :'(

    September 19, 2011 at 23:21

  10. j.siregar

    Lagu boasa nya viky juga dong eda d’terjemahin seperti Lagu yg ini :)

    September 25, 2011 at 17:56

  11. @Sis Martha : big hug .. ^_^
    @ Eda Siregar: okay da.. :) walau kl setiap dengar lagu “Boasa” mengingatkan kenangan pahit :D

    October 16, 2011 at 00:43

  12. melin

    horas k’melva…..
    q th lagu PODA ni dari abg q yg merantau di sem arang. kata ny, dia slalu dengar lagu ni sbelum barangkat kerja. tiap x dia putr ni lagu dia sering jd nangis. katany dia jd mkn ingat & sayang ma kluarga ny. lg ny mang pas buat dia kak, krn dia ank siakangan & qm yatim. tx buat teks ny ya kak…..

    February 11, 2012 at 18:17

  13. Horas …
    tabo hian ende on
    taringot iba tu akka na toras hu na dihuta
    inong ,..
    among ,..
    mulak ma ahu
    aiiiaaiiiiikkkkkzzzzz :D

    February 23, 2012 at 11:31

  14. Silalahi

    Horas!!!

    halani PODA on do gabe boi ahu kuliah ..

    Molo naeng marsiajar , ingkon huingot ma parjolo ende on.

    Mauliate…

    *Anak rantau sian Siantar!!!

    February 24, 2012 at 15:15

  15. Horas!!!

    halani PODA on do gabe boi ahu kuliah ..

    Molo naeng marsiajar , ingkon huingot ma parjolo ende on.

    Mauliate…

    *Anak rantau sian Siantar!!!

    February 24, 2012 at 15:19

  16. lya

    ikh lagi cari” liriknya nyasar kemari rupanya bLOg kak melva rupanyaa….

    April 10, 2012 at 21:24

  17. LihER sZhiRaiT

    saRupa ma laejanwaldi ,,
    au pe sngoni do ,,

    marlapatan hian do lagu on i ngolu kuhh , ,
    rampak anak rantau sian siantar do hita lae ,,

    May 20, 2012 at 23:25

  18. Stevanus

    Thank you ito buat lirik dan translation-nya. Lirik yang bagus.

    Sukses selalu

    GBU

    August 13, 2012 at 12:34

  19. nia.nasution

    Edo suaranya gila dgn lagu poda yg gila buanget. Really really love it

    September 8, 2012 at 09:56

  20. herman

    horas
    tabo nian do lagu on kk …
    ahu herman hutagalung

    October 22, 2012 at 16:08

  21. Ada yang salah pada pengertian lirik lagu ini pada : molo marparange na denggan do ho diluat nadaoi kan ada artinya kamu gak bisa mengartikannya……………. Lu aja gak bisa apalagi gw

    January 20, 2013 at 16:54

  22. Menyentuh Hati Banget lagu ya,
    Semonga makin sukses Aja..
    Horas…:)

    February 1, 2013 at 22:02

  23. IchaL

    I like it…

    February 8, 2013 at 01:03

  24. Agus Solihan

    Hanya lagu ini yg bisa membuatku menitikkan air mata setelah mamakku mendengarkan lagu ini sambil menangis,dan setelah kutanya kenapa, mamakku cm tersenyum dan mengatakan “hati-hati disana ya nak”

    Meskipun aku bukan sepenuhnya orang Batak, namun aku lahir di tanah Batak dan budaya Batak-lah yang selalu menginspirasi perjalananku di tanah perantauan.
    Sukses untuk kita semua, semoga apa yg menjadi harapan dan
    cita-cita kita selalu tercapai

    *terima kasih untuk semua kawan2 siantar dan semua kawan2

    April 15, 2013 at 02:09

  25. mauliate

    May 15, 2013 at 18:48

  26. renny zaith

    aku suka bnget lagu ini, bercampur sedih jg….

    October 17, 2013 at 10:29

  27. Barce Ohoilulin

    Walau bukan org batak tp saya suka skali dengar lagu ini, pesannya universal, pas unk anak rantau ..
    #salam hangat dari Papua#

    November 11, 2013 at 16:11

  28. Rensus

    Masihol iba tu natua tua di tano hatubuan, anggo mambege lagu on, tor tarilu ilu do au. thanks lirik nya.

    January 10, 2014 at 00:00

  29. eldo

    Lagu ini memang begitu menggugah perasaan org yg mendengarnya, baik versi bang edo atau siapaun yg pernah menyanyikannnya, mempunyai semangat yang sama.. semangat utk maju dan berterima ksh kpd orgtua.
    Dulu lagu ini selalu dinyanyikan oleh bpk ku buatku,sekarang aku menyanyikan untuk anakku, ai damang do sijunjung baringin, nama anaku baringin nainggolan.

    February 1, 2014 at 12:27

  30. Jadikalah Lagu ini Sebagai Inpirasi dalam Hidup kita..
    Jadi teringat uma dohot bapa na hutaan
    sae sehat2 ma nian nasida dihuta hatubuanku

    I Like It
    By : Jones Pasaribu

    March 12, 2014 at 09:05

  31. Jessica Indriyanti Siburian

    Sedih x lah klau dede denger lagu ini , jadi inget amang dohot inang di kp :'(
    aggah jo tuhan ..

    Horas ..

    April 2, 2014 at 15:03

  32. rizqy amalia siregar

    hhhhhhhhhhooooooooooooooooooooooooorassssssssssssssss

    June 26, 2014 at 08:07

    • roberizky carlos nainggolan

      Asa tiur ma sasude da

      June 28, 2014 at 12:50

  33. winda

    walaupun aku suku jawa tp aku suka lagunya sangat sangat menusuk hati hehehehehe

    July 25, 2014 at 14:19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.